Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Efektif : Studi Mahasiswa PGMI

Authors

Keywords:

Berpikir kritis, Kalimat efektif, Menulis

Abstract

Kemampuan menulis kalimat efektif merupakan sebuah kemampuan fundamental yang seyogyanya dimiliki oleh para kalangan akademisi terutama di perguruan tinggi. Penelitian ini mengkaji salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis kalimat efektif tersebut, yaitu kemampuan berpikir kritis serta melihat apakah ada faktor yang lainnya. Penelitian ini dilakukan di UIN Raden Fatah Palembang Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metoode deskriptif kualitatif. Hasilnya adalah kemampuan berpikir kritis berpengaruh memiliki keterhubungan kemampuan menulis kalimat efektif serta ada faktor lain yang mempengaruhinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal., dan Amran Tasai. 2017. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk perguruan Tinggi. Eds.Rev. Cet.Ke-13. Bekasi: Akademika Pressindo.

Dahana, Cendrayani Oni. 2017. ” Profil Siswa Yang Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Pleret, Kabupaten Bnatul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” (Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta).

Inggriyani, Feby., dan Nurul Fazriyah. 2010. ”Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar,” Jurnal JPSD,Vol.3,No.2.

Korys, Geraf. 2016. Komposisi. Cet.Ke-16. Flores: Nusa Indah.

Kusumastuti, Adhi., dan Ahmad Mustamil Khoiron. 2019. Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Soekarno Pressindo.

Purwati, Ratna. 2016. ”Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving,” Jurnal KadikmaVol.7,No.1.

Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Kalimat Efektif: Diksi, Struktur, dan Logika. Cet.Ke-4. Bandung: Refika Aditama.

Sari, Tia Puspita. 2019. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII,” Jurnal Pendidikan,Vol.4,No.1.

Saryono, Djoko., dan Soedjito. 2021. Kalimat. Cet.Ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyatno., Dkk. 2014. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi (Membangun Karakter Mahasiswa Melalui Bahasa). Bogor: In Media.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet.Ke-27. Bandung: Alfabeta.

Yuliani, Wiwin. 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling,” Jurnal Quanta,vol.2,No.2.

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Efektif : Studi Mahasiswa PGMI. (2024). Jurnal Cakrawala Akademika, 1(1), 1-9. https://jurnalpustakacendekia.com/index.php/jca/article/view/1