Pengembangan Kompetensi Bilingual Dalam Program Pelatihan Komunikasi Efektif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris

Authors

  • Immawati Asniar Universitas Muhammadiyah Lampung Author
  • Yani Purwaningsih Universitas Muhammadiyah Lampung Author
  • Sendi Oka Putra Universitas Muhammadiyah Lampung Author
  • Zaimatu Aisyaturrohma Universitas Muhammadiyah Lampung Author
  • Miftahul Khoiriyah Universitas Muhammadiyah Lampung Author

DOI:

https://doi.org/10.70182/JCA.v1i3.6

Keywords:

ADDIE, Bilingual, Komunikasi

Abstract

Pengembangan kompetensi bilingual menjadi penting sebagai upaya optimalisasi kompetensi diri dalam berbahasa. Bahasa arab dan bahasa inggis telah menjadi bahasa yang memiliki signifikasi khusus dalam konteks sosial, budaya, politik, ekonomi dan agama di berbagai Negara. Pelatihan komunikasi efektif diselenggarakan untuk mengupayakan solusi dari pada tantangan dalam mengembangkan kompetensi bilingual bahasa arab dan inggris di SMP Islam Kebumen. Metode yang digunakan adalah Metode kuantitatif dengan menggunakan analisis deskripsi untuk  membuat gambar atau deskripsi tentang suatu keadaan yang objektif dengan penerapan model pembelajaran ADDIE. Dengan menggunakan model ADDIE, peserta didik menjadi mudah untuk berkomunikasi menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa arab dan inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia Annisa. 2020. “Analisis Perkembangan Sosial Pada Anak Bilingual Di Abad 21.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling.

Wicaksono, A. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa: Suatu Catatan Singkat.Yogyakarta: Garudhawacana.

Desain, Analisis, Develop Implementasi, Bahasa Inggris, Mts Subulussalam Kayuagung, Analisis Desain, Develop Implementasi, Small Group, Analisis Desain, Develop Implementasi, and Mts Subulussalam Kayuagung. 2021. “PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ADDIE MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS Puji Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang , Indonesia Diterima : Abstrak Direvisi : Disetujui : Pengembangan Desain Pembelajaran Model Addie Mata Pelajaran Ba.”

Zulhanan. 2016. “Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif CommunicativeModel of Arabic Learning Is Based on an Assumption That Everyone Has An.” Model Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif .

Zuwirna. 2016. “E-TECH | Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan | Vol.I No.1 November 2016 Diterbitkan Jurusan KTP FIP UNP.”

Nurhasanah, Siti Maselah Polpoke, Nursaid, „Implementasi Program Full Day School Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Di Smp Islam Terpadu (It) As-Salam Ambon‟, Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1.1 (2019)

Huda, Nafiul. 2017. “Model Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing”

Published

2024-09-17

How to Cite

Pengembangan Kompetensi Bilingual Dalam Program Pelatihan Komunikasi Efektif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. (2024). Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 71-77. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i3.6

Most read articles by the same author(s)