Strategi Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis Game dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan

Authors

  • Nur Halimah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Author
  • Nurzannah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Author

DOI:

https://doi.org/10.70182/JCA.v1i4.1

Keywords:

Game-Based Learning, Learning strategy, Learning interes

Abstract

This research discusses strategies for implementing game-based learning in increasing class VII students' interest in learning at SMP Muhammadiyah 57 Medan. The aim of this research is to increase students' interest in learning about PAI lessons through game-based learning,  factors that influence class VII students' interest in learning at SMP Muhammadiyah 57 Medan. The research subjects were UMSU students at SMP Muhammadiyah 57 Medan, and the research object was the strategy for implementing game-based learning in increasing students' interest in learning PAI. This research uses a qualitative descriptive method, data collection techniques are carried out by means of observation, interviews and documentation. Based on research, the strategy for implementing game-based learning in increasing interest in learning for class VII students at SMP Muhammadiyah 57 Medan has been implemented well, the teacher always involves students to participate in the learning process. 

 

Penelitian ini membahas tentang strategi pelaksanaan pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI  melalui pembelajaran berbasis  game, serta faktor-faktor yang mempengaruhi  minat belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Subjek penelitian adalah mahasiswa UMSU  di SMP Muhammadiyah 57 Medan, dan objek penelitian adalah Strategi pelaksanaan pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunaka metode deskriptif Kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindak Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, strategi pelaksanaan pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan   sudah terlaksana dengan baik, guru selalu melibatkan siswa untuk ikut serta dalam proses pembelajaran 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, R. (2018). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 41(7), 104–110.

Alifa Fadiya, N., Aprila Saraswati, A., Rahman Dirta, A., Aini Farida, N., & Makbul, M. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Kelas 10 Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Metode Game Based Learning Di Man 2 Karawang. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(3), 569–581. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i3.1166

Aoliyah, N. (2023). Penggunaan Teknik Game-Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah dan Dampaknya Terhadap Minat Belajar Siswa. Kala Manca: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 31–36. https://doi.org/10.69744/kamaca.v11i1.205

Ardiana Alya, Fajar Sewtiawan, L. B. M. (2024). Meningkatkan minat belajar siswa melalui metode. 09.

Athiyyah1, A., & Amalia2, E. (2024). Penggunaan Metode Pembelajaran Game Based Learning (GBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII D MTs Negeri 1 Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(1), 190–201.

Dr. J.R. Raco, M.E., M. S. (2010). METODE PENELlTlAN KUALlTATlF: JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA. PT Grasindo, 146.

Fatimah, O. L., Abdul Halim Fathani, & Awae, W. (2024). Analisis Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Game-Based Learning. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 73–83. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1240

Firmansyah, D. (2015). Issn 2338-2996. 3, 34–44.

Hidayah, N., & Pramesti, S. L. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Game-Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas Vi Di Mis Sidorejo Tirto Pekalongan. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 94–107. https://doi.org/10.28918/ijiee.v3i1.7097

Nasruddin, K. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Peta Konsep Di Kelas Xii Mia 1 Sman 2 Kuok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1441–1452.

Published

2024-11-05

How to Cite

Strategi Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis Game dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan. (2024). Jurnal Cakrawala Akademika, 1(4), 1027-1038. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i4.1

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.