Corak dan Gaya Penafsiran
DOI:
https://doi.org/10.70182/JCA.v1i4.41Keywords:
Corak dan Gaya Penafsiran, Metode Tafsir, TafsirAbstract
Abstrak ini membahas tentang corak dan gaya penafsiran Al-Qur'an yang telah berkembang dari periode klasik hingga kontemporer. Penafsiran Al-Qur'an melibatkan berbagai pendekatan, termasuk linguistik, logika, tasawuf, dan tradisi, yang masing-masing memberikan perspektif unik dalam memahami teks suci. Abdullah Saeed mengidentifikasi empat pendekatan utama dalam tafsir klasik, yang menunjukkan keragaman metode dan corak yang ada. Selain itu, penafsiran modern seperti Tafsir Al-Maraghi oleh Syaikh Ahmad Musthafa Al-Maraghi menekankan pentingnya bahasa yang mudah dipahami serta relevansi dengan konteks sosial dan ilmiah saat ini. Corak penafsiran juga mencakup aspek sastra, hukum, dan teologi, mencerminkan dinamika pemikiran dalam Islam. Dengan demikian, pemahaman terhadap corak dan gaya penafsiran ini sangat penting untuk mengapresiasi kompleksitas serta kedalaman makna Al-Qur'an dalam kehidupan umat Islam.
Downloads
References
Afifah Aisyah ,‘(2023),Tafsir ‘Ilmi Dalam Perspektif Ulama Klasik Dan Kontemporer’, Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4.1 <https://doi.org/10.62109/ijiat.v4i1.33>.
Ali, Amer Zulfiqar, (2018), ‘Brief Review of Classical and Modern Tafsir Trends and Role of Modern Tafasir in Contemporary Islamic Thought’, Australian Journal of Islamic Studies, 3.2 <https://doi.org/10.55831/ajis.v3i2.87>.
Alwi M. Daniel Alwi,(2016),‘MEMBUMIKAN AL- QURAN (Membedah Gaya Penafsiran Al-Qur’an Quraish Shihab)’, Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, <https://doi.org/10.30984/as.v1i1.187>.
Danial,Danial,(2020) ‘Corak Penafsiran Al-Qur’an Periode Klasik Hingga Modern’, Hikmah: Journal of Islamic Studies, 15.2 https://doi.org/10.47466/hikmah.v15i2.136>.
Danuri Daelan M., (2005), ‘Al-Sunnah Sebagai Bayan Al-Qur’an’, Jurnal: Hermenia, <http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8461/1/DAELAN M. DANURI AL-SUNNAH SEBAGAI BAYAN AL-QUR’AN.pdf>.
Faqih Muhammad Wildan, (2024)‘Sejarah Perkembangan Tafsir History Of Tafsir Development’, Jurnal Dirosah Islamiyah, <https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.1159>.
Husain Ahmadi Dkk ‘Manhaj, (2015), Tafsir Berorientasi Fiqh’, Al-Mutsla, <https://doi.org/10.46870/jstain.v1i2.1>.
Khalaf Abdul Wahhab,(1972), lmu Ushul Fiqh, Jakarta: Majlis al-A’la wa al-Indunisai ad- Dakwah islamiyah
Qardlawi Muhammad Yusuf, (2023), ‘RAGAM CORAK PENAFSIRAN AL- QUR ’ AN’,.
Rahma Vicky Izza El dkk,(2023)Description of Tafsir Salman’S: A Discourse Analysis of the Tafsir of Science’, MUSHAF: Jurnal Tafsir Berwawasan Keindonesiaan,<https://doi.org/10.33650/mushaf.v3i2.6197>.
Shihab M. Quraish, (2015), Kaidah Tafsir, Jakarta: Lentera Hati
Shihab M. Quraish, (2023), Kaidah Tafsir, Cet I, Lentera Hati,.
Shihab Muhammad Quraish Shihab,(2014), Kaidah Tafsir, Jakarta: Lentera Hati
Yuliarto Udi, (2011), ‘Al- Tafsîr Al-’ Ilmî Antara Pengakuan Dan Penolakan’, Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies, ..
Yȗsuf Al dkk, (2022), Tafsir Salman Dalam Perspektif Kaidah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arfit Shafi Anis, Wahyudi (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.