Analisis Kelayakan Desa Wisata Tebat Benawa Kota Pagaralam Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Lora Karolin Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Pagar Alam Author
  • Boris Brahmono Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Pagar Alam Author

DOI:

https://doi.org/10.70182/JCA.v1i3.8

Keywords:

Omset, Jumlah Kunjungan, Desa Wisata

Abstract

Kesetaraan lapangan kerja serta pendapatan lokal dan regional yang lebih baik hanyalah dua dari pengaruh kebangkitan sektor pariwisata dalam contoh ini adalah desa wisata berpengaruh terhadap perekonomian lokal. Salah satu contoh bagaimana desa wisata tumbuh dan berkembang setiap tahunnya adalah Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada tahun 2021. Tujuan yang diteliti dalan penelitian ini adalah untuk mencari bagaimana hubungan omzet dan jumlah peserta program Anugerah Desa Wisata Indonesia dengan peningkatan pendapatan UMKM di Desa Tebat Benawa. untuk mengetahui bagaimana dampak omset dan jumlah pengunjung program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) terhadap pertumbuhan pendapatan UMKM di Desa Tebat Benawa dari sudut pandang ekonomi syariah. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain omzet mempunyai dampak positif dan cukup besar terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Desa Tebat Benawa, volume pengunjung juga mempunyai dampak positif. Banyaknya kunjungan wisatawan dan omset di kawasan Desa Tebat Benawa mempengaruhi peningkatan pendapatan UMKM. Ajaran agama Islam menyiratkan bahwa peningkatan pendapatan UMKM berhubungan langsung dengan diperolehnya peningkatan pendapatan UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman, F., & Naula Oktaviani, R. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Syariah Pada Industri Kecil Dan Menengah Dalam Mendapatkan Pembiayaan Dari Perbankan Syariah. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), 108–121. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).8864.

Amanda, F., & Akliyah, L. S. (2022). Analisis Kondisi Kelayakan Wisata Oray Tapa berdasarkan Komponen Pariwisata. 15–20.

Furqoni, M. I., Astina, I. K., & Insani, N. (2023). Analisis Kelayakan Potensi Objek Daya Tarik Wisata Alam di Gunung Baung Desa Cowek. 23(1), 45–54.

Rahman, F. A., & Oktaviani, R. N. (2022). DARI PERBANKAN SYARIAH. 5.

Setegung, A. T., & Mungguk, D. (n.d.). KABUPATEN LANDAK.

Sumarni, Z., & Sugiyanta, I. G. (2019). Faktor-Faktor Pendorong dan Penarik Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam. 1–12.

Trinisa, M. J. (2020). Analisis Kelayakan Potensi Objek Daya Tarik Wisata Alam (Odtwa) Danau Ho ’ Ce Di Desa Kuala Dua. Jurnal PWK UNTAN, 2(4), 1–10.

Published

2024-09-18

How to Cite

Analisis Kelayakan Desa Wisata Tebat Benawa Kota Pagaralam Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam. (2024). Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 91-98. https://doi.org/10.70182/JCA.v1i3.8